CARA MEMBUAT BLOG GRATIS UNTUK BISNIS PEMULA DI BLOGGER

20:05:00
kaiu indonesia
Blogger Medan Blog M, bukan hanya sekadar komunitas blogger tapi lebih dari itu, bisa dikatakan semacam keluarga, kenapa? Susah juga dijelaskan, tapi jika kamu yang terlanjur masuk ke artikel untuk mencari tutorial membuat blog gratis, tunggu sebentar izinkan saya membawa kamu ke pengantar postingan terlebih dahulu tentang blogger di Medan, dan kemudian saya akan mengulas sekilas tentang Cara Membuat Blog Gratis Untuk Bisnis Pemula di Blogger.

Semacam orang baru, sebenarnya saya masih baru di kalangan blogger di kota Medan, masih banyak yang lebih ahli dan sudah sangat mengetahui seluk beluk dunia blogging, bahkan bukan hanya di kota Medan tapi ke penjuru Indonesia. Sayang, mereka para blogger yang tersesat lebih memilih untuk menjadi manusia online yang tak pernah temu ramah di bumi, hanya sliweran di komen-komen blog banyak orang. Dan saya, siapalah yang akan mengenal saya, saya mengunjungi blog orang lain pun terlalu malas, ampunkan saya.
cara membuat blog gratis

Nah, awalnya saya mengenal blogger adalah sebuah wadah ajang eksistensi diri, tidak sedikit blogger yang blognya saya kunjungi hanya bercerita tentang cerita kesehariannya. Dan di tahun 2009, saya pun menjadi manusia blog yang menceritakan kesehariannya seperti blogger kebanyakan pada waktu itu. Menuliskan apa yang saya makan, apa yang saya minum, apa yang saya lakukan keseharian, dan tebak? Tidak ada yang baca, tapi entah mengapa saya masih saja menuliskannya, entah dari mana semangat itu datang. Mungkin beberapa orang akan berhenti menjadi blogger, karena tidak ada pengunjungnya, dan bahkan mungkin mencari cara bagaimana agar mendapatkan pengunjung. Yang saya ketahui, akhirnya untuk membuat blog saya di tahun 2009 banyak pengunjungnya dengan mengunjungi terlebih dahulu blog orang lain. Tapi siapa yang menyangka, saya terlalu malas untuk mengunjungi blog orang lain.

Bukan berarti saya tidak pernah membaca blog orang lain, namun lebih memilih membacanya kemudian pergi tanpa meninggalkan kesan. Terdengar agak sedikit kejam dan egois, benarkah menjadi silent reader merupakan seseorang yang egois, tapi lebih muliah mana dibandingkan mereka yang sekadar membaca kemudian meninggalkan komentar apa adanya berharap diakui. Apa yang mereka dapatkan, pasti kunjungan balik, dan apa yang aku dapatkan, tidak ada. Tapi jika kamu ingin mencari pengunjung untuk blog kamu, baiklah saya akan bagikan saran yang menurut saya bisa mendatangkan pengunjung blog.

TIPS MENDAPATKAN PENGUNJUNG UNTUK BLOG KAMU

Mungkin kamu tidak akan percaya pada tips ini, karena pengunjung blog ini pun tidak terlalu banyak, jadi untuk apa saya sebenarnya membuat blog. Entahlah aku pun sudah lupa awalnya membuat blog untuk apa, namun simaklah terlebih dahulu sebelum aku menceritakan kisah ini ke kamu.

  1. Kata Kunci
    Mungkin tidak seharusnya, untuk kali pertama kamu mengenal hal ini, tapi tidak ada salahnya sebagai gambaran saja. Apakah saya sudah melakukannya, sudah beberapa kali dan akhirnya mundur sendiri untuk mengulangi tips ini. Untuk menjadikan blog banyak pengunjung, ternyata tidak berhenti hanya di konten yang banyak, tapi konten seperti apa yang banyak dicari oleh para haus informasi di google. Mereka yang menulis untuk mencari pengunjung, tidak sedikit menghalalkan segala cara agar masuk di peringkat pertama google. Lalu, setelah masuk di halaman pertama, apa yang mereka rasakan, entahlah tiap orang pastinya berbeda tujuan mereka melakukan aktifitas blogging.
  2. Artikel Berkualitas
    Dan kemudian, sebenarnya bagaimana artikel yang berkualitas? Menulis artikel berkualitas itu sendiri sampai sekarang saya pun masih kebingungan, apakah berkualitas dinilai dari banyaknya kata pada satu artikel, atau artikel dengan pembahasan yang banyak. Pada akhirnya, apakah artikel satu ini bisa dikatakan berkualitas, saya pun tak mengerti. Pada umumnya, banyak sekali saduran yang menjelaskan bahwa artikel yang baik itu harus di atas 500 kata, semakin banyak semakin baik, benarkah? Kamu yang menilainya, apakah artikel ini berkualitas atau tidak.
  3. Backlink
    Paham blogger garis keras, pasti akan menerapkan hal ini, membangun backlink. Link yang bagaimana yang mereka bangun, ya pastinya link masuk ke blog mereka agar banyak pengunjungnya. Alhasil, praktik ini merupakan hal sederhana yang efeknya luar biasa, tapi sedikit yang sadar, saya pun demikian berlaku tak sadar. Menempatkan link blog kamu ke blog orang lain dengan harapan, akan datang pengunjung dari link yang kamu sisipkan di blog comment. Mungkin akan datang dengan pasti, tapi pengunjung yang bagaimana, ya pastinya pengunjung yang juga mengejar kunjungan balik.
  4. Social Media
    Ternyata, memiliki social media bukan hanya memaksa orang lain untuk membaca tiap pembaruan status kita di akun social media kita. Memaksa mereka untuk berkunjung ke blog dengan social media juga bisa. Sebabnya, tidak ada salahnya memperbanyak pertemanan di social media yang kamu miliki, bisa saja potensi menjadi pengunjung blog kamu. Dan saya, apakah sudah melakukannya, saya hanya membagikan link di halaman fb, tidak membagikan di halaman pribadi. Bahkan mungkin, pertemanan di facebook tidak ada yang menyadari bahwa saya adalah seorang blogger.
  5. Artikel Terjadwal
    Menuliskan cerita di blog kamu, dengan banyak aktifitas keseharian, pasti pelan pelan akan menguras ide kamu, apakah hari ini kamu menulis apa yang sedang kamu makan, dan besoknya menuliskan hal yang sama. Bisa saja, tapi kamu akan merasa bosan, belum lagi tidak ada pengunjung yang datang untuk membacanya. Ada baiknya, menuliskan artikel terjadwal, dengan variasi dan isi yang kreatif. Walaupun, menuliskan hal daily activity tapi usahakan, pengunjung yang membacanya ada yang mereka bawa pulang, informasi.

Sekilas, dari penjelasan tips menulis blog ramai pengunjung, ternyata menjadi blogger itu terlalu sulit. Sengaja, saya menuliskan di awal hal-hal yang beratnya, agar kamu merasa ketakutan untuk menjadi seroang blogger. Apalagi menjadi kan blog sebagai sarana bisnis, kamu gak kuat, itu berat biarkan saya saja yang menjadi blogger.

MENJADI BLOGGER ITU MUDAH

Lupakan tentang tips yang terlalu memberatkan itu, menjadi blogger tidak terlalu kaku seperti menulis surat kabar. Yang terpenting, apa yang kamu tuliskan bisa dipertanggung-jawabkan. Jika kamu menulis keseharian kamu, menulislah dengan penuh tanggung jawab, jika kamu menulis tentang informasi wisata, make-up, dan lainnya menulislah dengan sepenuh hati dan jujur. Bagaimana menulis blog sehingga terkesan mudah dan menyenangkan.

  1. Mulai Menulis Saja Dulu
    Tidak penting jika tidak ada pengunjung, mulai saja dulu, membiasakan menulis apa saja yang terlintas di pikiran kamu. Karena saya pun demikian, awal gabung di komunitas yang isinya blogger di Medan pada tahun 2012. Masih ingat sekali niat awal saya gabung di komunitas blog ini, namanya adalah Blogger Medan Community, harapannya dengan gabung di komunitas ini kualitas menulis saya meninggkat, dengan belajar banyak tentang kepenulisan di komunitas ini. Namun ternyata tidak sama sekali, saya malahan belajar kepenulisan secara sendiri tanpa dibimbing oleh orang lain. Mulai saja dulu, lalu jangan berekspektasi terlalu besar, jika tidak sesuai kamu akan sakit hati.
  2. Tampilan Blog Nanti Saja Deh
    Banyak mereka yang memulai untuk menjadi blogger terlalu ambisi untuk memperindah tampilan blog, alhasil melupakan yang paling terpenting dari nyawa blog itu sendiri yaitu tulisan. Bolak balik memperindah tampilan blog, menggantinya sebulan sekali, bahkan seminggu bisa mengganti tampilan blog sekitar 3 kali dalam seminggu. Padahal, mereka yang asik mengganti blog mereka, tidak baik untuk pertumbuhan blog itu sendiri. Menulislah, jangan pedulikan tampilan blog, pelan pelan kamu pasti akan menemukan tampilan blog yang seperti apa yang nyaman menurut kamu. Mengapa saya bisa mengatakan hal yang demikian, karena saya pun awalnya membuat blog terlalu antusias untuk mengganti tampilan blog, dan lupa untuk nulis blognya.
  3. Makin Mudah Kalau Rame-Rame
    Pasti ada masanya, ngeblog itu terlalu susah karena tidak ada orang untuk tukar pikiran mengenai hal blogging. Banyak teman pun, yang ada hanya online, cobalah cari-cari komunitas blogger yang aktif di kota kamu. Semoga dengan gabung di komunitas blogger, kamu akan bersemangat untuk ngeblog jika mengalami kesulitan untuk menulis blog. Kalau di Medan, sejauh ini komunitas blogger yang aktif itu namanya Blogger Medan Blog M, karena saya pun tergabung di dalamnya. Nah, kemana blogger medan community di awal cerita?

Sekilas tentang Blogger Medan Blog M, berdiri tahun 2015 di tanggal 2 bulan februari, komunitas ini diinisiasi oleh kurang lebih 10 blogger di kota Medan. Yah, walaupun pasti ada yang mengira Blogger Medan Blog M adalah barisan patah hati dari komunitas Blogger Medan Community atau ada juga yang beranggapan Blogger Medan Blog M adalah reinkarnasi dari Blogger Sumut, maka saya akan menjawab tidak untuk keduanya. Blogger Medan Blog M jauh dari bayang - bayang keduanya, tidak ada sangkut pautnya tentang keduanya, walaupun demikian Blogger Medan Blog M bersahabat dengan orang - orang lama di BMC maupun Blogger Sumut, tentang komunitasnya bukan ranah saya untuk menjelaskannya.

Oh iya, saya sampai kelupaan untuk membahas sekilas tentang cara bagaimana membuat blog gratis untuk pemula, bahkan memanfaatkannya untuk bisnis. Baiklah, izinkan saya yang tak mengerti banyak hal ini untuk mengulasnya sedikit mungkin yang pertama bagaimana cara membuat blog gratis dan kemudian bagaimana memanfaatkan blog untuk bisnis.

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS

Sebelum ke cara membuat blog, ada baiknya kita mengetahui sekilas blog itu apa? Nah, blog itu secara singkat pengertiannya merupakan konten (video ataupun tulisan) yang disimpan di jejaring internet, namun semakin ke sini pengertian blog itu mengkerucut ke tulisan yang ditulis di media blog. Platform blog itu sendiri terdiri banyak sekali yang gratis dan yang berbayar, tapi saya akan bagi yang gratis saja ya. Blog gratis itu biasanya akan terbatas kapasitas penyimpanannya, seperti blogger, wordpress, medium, weebly, livejournal, tumblr dan banyak lagi. Tapi yang paling banyak adalah blogger dan wordpress hingga sekarang ini. Untuk mendaftar blog gratis terbilang mudah kok, caranya.

  1. Buatlah gmail, karena kebanyakan platform blog gratis mengharuskan gmail sebagai syarat pendaftaran blog
  2. Setelah registrasi, tentukan domain url yang mewakili blog kamu dan isi blog kamu nantinya
  3. Pilihlah di awal, tampilan blog standar, dan berusahalah menulis blog konsisten
  4. Dan blog kamu sudah selesai, dengan hanya membuat email kamu sudah memiliki blog 

CARA MEMANFAATKAN BLOG UNTUK BISNIS

Semacam tingkat lanjut setelah memahami konsep blog, beberapa sudah akrab menjadikan blog sebagai sarana pemasaran di dunia online. Blog dijadikan tempat untuk menginformasikan produk jualan, ataupun sebagai informasi jasa yang ditawarkan. Maka tidak heran, jika ada domain url yang langsung menyasar ke jualan atau jasa, misalkan jualsabunpencucimuka.blogspot atau jasagambarkarikatur.blogspot dan banyak lagi. Sedikit tips untuk memanfaatkan blog sebagai sarana promosi bisnis.
  1. Buatlah gmail untuk membuat blog, lebih baik gmail tersebut mewakili nama produk atau jasa yang akan kamu pasarkan
  2. Daftarlah di platform blog kesukaan kamu, namun lebih baik daftar di blogger saja, karean blogger merupakan affiliasi dari google.
  3. Buatlah nama domain url blog, mewakili tentang nama produk atau jasa, dan usahakan tampilan blog seramah mungkin
  4. Mulailah menulis tulisan blog yang mengarah ke produk atau jasa, demi membantu tingkat pencarian blog kamu tertinggi di google

Mungkin kamu akan bertanya - tanya, bahkan ada yang menggerutu tentang tulisan ini karena tidak berfaedah, itu terserah kamu, kamu berhak untuk menilai seperti apa tulisan ini. Yang jelas terimakasih sudah tersesat di blog ini, dan berikutlah sekilas tentang Cara Membuat Blog Gratis Untuk Bisnis Pemula di Blogger.

0 komentar